ANALISIS PERUSAHAAN NOKIA
Nokia merukapakan salah satu perusahaan
yang termasuk ke dalam bidang teknologi telekomunikasi yang berasal dari
Finlandia dan sudah terkenal diseluruh dunia. Pada umumnya produk ini sudah
sangat familiar bagi masyarakat di Indonesia khususnya para generasi remaja ke
atas.
Produk nokia dinilai mempunyai kualitas
yang mumpuni sehingga banyak diminati oleh masyarakat dan sempat meraih
kejayaan pada masanya, namun hal itu berubah ketika produk blackberry dan
android mulai berdatangan. Karena kurang cepat bersaing dalam inovasi, maka
dipastikan Produk Nokia hampir gulung tikar di Indonesia.
Hal tersebut bukan berarti kegagalan Nokia
di Indonesia tidak bisa diatasi, masih ada kemungkinan untuk mengembalikan
kejayaan produk Nokia mengingat mempunyai nilai prestise yang baik di masyarkat.
Akan tetapi juga diperlukan strategi yang matang dan tepat sasaran.
Langkah awal yang harus dibuat adalah
menyuntuikan modal baru. Dengan adanya modal baru maka perusahaan bisa
berinovasi untuk menciptakan kreasi dalam produk baru yang akan dibuat. Perusahaan
juga harus bisa melihat produk-produk lain yang ada di pasaran yang sedang
berkembang dan diminati oleh masyarakat. Sehingga ketika meluncurkan produk
baru nokia mampu bersaing di pasaran.
Langkah kedua yaitu perusahaan harus
mampu menentukan pembuatan produk dan harga secara cermat. Apakah produk baru
akan dipasarkan pada masyarakat kalangan menengah ke bawah atau masyarakan
kalangan menengah ke atas. Jika produk dipasarkan untuk kalangan menengah
kebawah maka harga yang dipatok harus terjangkau dan jangan terlalu mahal. Karena
jika harga terlalu mahal maka barang tidak akan diminati dipasaran karena
berlaku hukum permintaan dan penawaran.
Langkah terakhir yaitu dengan
menggencarkan promosi supaya produk yang baru diluncurkan bisa terkenal di
masyarakat. Dalam menggencarkan promosi perusahaan harus bisa memperhatikan
lokasi yang strategis sehingga mudah dilihat dan dijangkau oleh para pembeli.
Dengan ketiga langkah tersebut diharapkan
peruhasaan Nokia di Indonesia mampu kembali berkembang. Dan mampu mengalahkan
produk dari perusahaan lainnya. Selama perusahaan memberikan ruang lingkup
untuk berinovasi dan berkreasi dalam pembuatan produk baru, dan tidak stuck
berada dalam zona nyaman serta menganggap produk yang dihasilkan sudah cukup berada
dipasaran, maka bisa dipastikan Nokia tidak akan mengalami penurunan dan akan
terus mengalami peningkatan.
Komentar
Posting Komentar