ANALISIS PERUSAHAAN NOKIA

Nokia merukapakan salah satu perusahaan yang termasuk ke dalam bidang teknologi telekomunikasi yang berasal dari Finlandia dan sudah terkenal diseluruh dunia. Pada umumnya produk ini sudah sangat familiar bagi masyarakat di Indonesia khususnya para generasi remaja ke atas.
Produk nokia dinilai mempunyai kualitas yang mumpuni sehingga banyak diminati oleh masyarakat dan sempat meraih kejayaan pada masanya, namun hal itu berubah ketika produk blackberry dan android mulai berdatangan. Karena kurang cepat bersaing dalam inovasi, maka dipastikan Produk Nokia hampir gulung tikar di Indonesia.
Hal tersebut bukan berarti kegagalan Nokia di Indonesia tidak bisa diatasi, masih ada kemungkinan untuk mengembalikan kejayaan produk Nokia mengingat mempunyai nilai prestise yang baik di masyarkat. Akan tetapi juga diperlukan strategi yang matang dan tepat sasaran.
Langkah awal yang harus dibuat adalah menyuntuikan modal baru. Dengan adanya modal baru maka perusahaan bisa berinovasi untuk menciptakan kreasi dalam produk baru yang akan dibuat. Perusahaan juga harus bisa melihat produk-produk lain yang ada di pasaran yang sedang berkembang dan diminati oleh masyarakat. Sehingga ketika meluncurkan produk baru nokia mampu bersaing di pasaran.
Langkah kedua yaitu perusahaan harus mampu menentukan pembuatan produk dan harga secara cermat. Apakah produk baru akan dipasarkan pada masyarakat kalangan menengah ke bawah atau masyarakan kalangan menengah ke atas. Jika produk dipasarkan untuk kalangan menengah kebawah maka harga yang dipatok harus terjangkau dan jangan terlalu mahal. Karena jika harga terlalu mahal maka barang tidak akan diminati dipasaran karena berlaku hukum permintaan dan penawaran.
Langkah terakhir yaitu dengan menggencarkan promosi supaya produk yang baru diluncurkan bisa terkenal di masyarakat. Dalam menggencarkan promosi perusahaan harus bisa memperhatikan lokasi yang strategis sehingga mudah dilihat dan dijangkau oleh para pembeli.
Dengan ketiga langkah tersebut diharapkan peruhasaan Nokia di Indonesia mampu kembali berkembang. Dan mampu mengalahkan produk dari perusahaan lainnya. Selama perusahaan memberikan ruang lingkup untuk berinovasi dan berkreasi dalam pembuatan produk baru, dan tidak stuck berada dalam zona nyaman serta menganggap produk yang dihasilkan sudah cukup berada dipasaran, maka bisa dipastikan Nokia tidak akan mengalami penurunan dan akan terus mengalami peningkatan.

Komentar